7 Tips Agar Tidak Bau Mulut Pada Saat Puasa

Bau Mulut Saat Berpuasa merupakan salah satu masalah yang sering di alami oleh banyak orang. bahkan bau mulut yang timbul ketika kita berpuasa bisa lebih menyengat dari pada saat kita tidak berpuasa. hal ini tentu membuat kita kurang percaya diri saat berbicara dengan orang lain dengan jarak yang dekat karena takut orang yang berbicara sama kita jadi tidak nyaman. Sebelum kita membahas tips mengatasi bau mulut, terlebih dahulu kita harus tau apa penyebab mulut kita bau di bulan puasa.

Faktor Penyebab Mulut Bau Dibulan Puasa
  • Ketika berpuasa produksi saliva (Air Liur) akan berkurang, dibandingkan saat tidak puasa. akibatnya tentu membuat bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap dimulut.
  • Kurang bersih membersih Sisa-sisa makan dimulut yang menimbulkan Gas sulfur sehingga membuat mulut menjadi bau.
  • Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau maag.
Itulah 3 faktor Penyebab mulut bau di bulan puasa, selanjutnya kita akan membahas 7 Tips Agar Tidak Bau Mulut Pada Saat Puasa, Berikut penjelasannya :

1. Banyak Minum Air Putih Saat Berbuka dan Sahur

Kita Dianjurkan untuk meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka,  hal ini dapat membantu mencegah bau mulut disiang hari. Karena air putih akan meningkatkan produksi saliva, sehingga mulut terjaga kebersihannya.

2. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi dan mencegah bau mulut saat berpuasa adalah rajin mengkonsumsi sayur dan buahan saat berbuka maupun sahur karena hal ini bisa membantu meningkatkan produksi air liur didalam mulut sehingga bisa mengurangi bau mulut. Sekedar tambahan, pilihlah buah apel dan strawberry namun jika tidak ada buahan lain juga tidak masalah.

3. Sering Menggosok Gigi

Menggosok gigi dengan sempurna dan menggosok lidah, juga dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.

4. Minum Teh Hijau Saat Sahur Maupun Berbuka

Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan, meminum teh hijau juga baik untuk perokok karena akan mengurangi peradangan pada rongga dan gangguan pernafasan.

5. Kurangi Makanan Berbau Kurang Sedap

Kurangi, dan kalo bisa jangan memakan makanan yang memiliki bau tajam seperti jengkol, durian, atau petai.

6. Tidak Merokok Atau Kurangi Rokok

Kurangi merokok atau tidak samasekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.

7. Melakukan Olah Raga Ringan

Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. dan Hindari tidur yang terlalu lama saat puasa, karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.

Itulah tips untuk mengatasi bau mulut saat puasa dan semoga cara tersebut diatas tidak mengurangi pahala kita di bulan puasa khususnya yang berkaitan dengan bau mulut. 

Catatan :
Bila telah melakukan cara-cara diatas bau mulut Anda masih juga belum berkurang. Maka konsultasikanlah ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh Seperti Maag, Gangguan Pernapasan, Diabetes atau penyakit dalam lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Agar Tidak Bau Mulut Pada Saat Puasa"

Post a Comment