7 Tanaman Yang Bisa Mengusir Nyamuk

Dengar suara nyamuk orang sudah jengkel dibuatnya, apalagi ketika digigit oleh nyamuk. Rasa gatal dan bekas-bekas merah yang ditimbulkan setelah gigitan tentu menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan mengurangi rasa percaya diri. Selain itu, yang lebih parah gigitan nyamuk juga berpotensi menularkan penyakit, seperti penyakit malaria.
Ada banyak fakta menarik tentang nyamuk, mulai dari hal yang disukai nyamuk sampai hal yang tak di sukai nyamuk. Selama ini Kita hanya tahu bahwa semua nyamuk suka menggigit dan menghisap darah. Namun salah satu fakta yang tidak ketahui, bahwa hanya nyamuk betina saja yang suka menggigit. Karena nyamuk betina membutuhkan protein yang berasal dari darah untuk membantu agar telurnya bisa berkembang. Berbeda dengan nyamuk jantan yang hanya membutuhkan nektar sehingga mereka lebih suka berada di antara bunga-bunga tertentu. Karena tidak semua bunga dan tanaman yang di sukai nyamuk. Untuk lebih jelas tentang bunga dan tanaman yang bisa mengusir nyamuk, berikut  7 Tanaman Yang Bisa Mengusir Nyamuk tersebut ;

1. Bunga Lavender

Bagi pecinta tanaman maupun bukan, pasti sudah tidak asing dengan bunga yang cantik ini. Lavender merupakan tanaman hias yang berguna untuk mengusir serangga penghisap darah bernama nyamuk yang bersemayam di rumah Anda. Kehebatan lavender sendiri tidak perlu dibuktikan lagi sebab bunga lavender telah banyak dijadikan bahan utama untuk membuat lotion anti-nyamuk.

2. Daun Selasih

Tanam Yang Bisa Mengusir Nyamuk berikutnya adalah daun selasih. Tentu kita sudah familiar sekali dengan nama selasih. Selasih dengan nama latin Ocimum basillicum (disebut juga daun basil) merupakan tanaman semak tahunan yang bisa Anda tanam di dalam ruangan. Selain memperindah ruangan, keberadaan selasih juga membantu Anda untuk menghalau komplotan nyamuk yang berterbangan di dalam rumah Anda. Selain ditanam di dalam ruangan, selasih juga bisa diletakkan di luar ruangan, peletakannya di dekat pintu atau jendela.

3. Serai Wangi

Tanam Yang Bisa Mengusir Nyamuk berikutnya yaitu serai wangi. Serai Wangi  adalah tanaman perdu yang sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan. Tanaman serai wangi selain berguna untuk campuran bumbu masakan, ternyata juga mampu membuat nyamuk minggat dari rumah dikarenakan mengandung sitronnellol dan geraniol yang banyak. Kandungan tersebut mengeluarkan aroma yang tidak disukai nyamuk, dan bahkan, zat sitronnellolnya bisa membuat nyamuk mati.

4. Bawang Putih


Tanam Yang Bisa Mengusir Nyamuk berikutnya yaitu Bawang Putih. tanaman ini  sangat mudah di dapat dan di jumpai di Indonesia. bawang putih merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh. Di India, ada minyak oles untuk mencegah gigitan nyamuk dan serangga selama 8 jam yang di dalamnya terkandung 1% ekstrak minyak bawang putih. Belum sampai di situ, bawang putih ternyata juga bisa untuk membunuh larva nyamuk karena mengandung zat belerang.

5. Bunga Kamboja

Tanam Yang Bisa Mengusir Nyamuk yaitu Bunga Kamboja.Kamboja diidentikkan dengan bunga keramat karena pertumbuhannya kerap dijumpai di tempat-tempat yang tidak biasa, seperti makam. Terlepas dari anggapan mistis dari masyarakat, kamboja termasuk tanaman yang tahan panas matahari dengan bunga yang indah, awet, dan harum. Keharuman yang dipancarkan oleh kamboja ternyata hanya disukai oleh manusia, namun tidak bagi nyamuk sehingga banyak orang yang sengaja menanam kamboja sebagai tanaman pembasmi nyamuk alami di rumah dengan melakukan ekstraksi terhadap bunga kamboja.

6. Lidah Buaya

Tanam Yang Bisa Mengusir Nyamuk berikutnya yaitu Lidah Buaya. Tanaman lidah buaya memang dikenal memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Selain itu ternyata lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal akibat dari gigitan nyamuk atau serangga. Oleskan lidah buaya kebagian kulit yang gatal atau bengkak secara merata.
 
7. Akar Wangi 

Tanam Yang Bisa Mengusir Nyamuk berikutnya, akar wangi. Jika tadi ada serai wangi, sekarang ada juga akar wangi. Rumput akar wangi merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Keberadaannya di Indonesia tidak ada yang tahu sejak kapan. Yang pasti, akar wangi termasuk jenis tanaman pengusir nyamuk demam berdarah alami yang ternyata sudah lama juga dijadikan parfum dan losion untuk memberi perlindungan bagi kulit dari gigitan nyamuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tanaman Yang Bisa Mengusir Nyamuk"

Post a Comment