7 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop – Laptop Merupakan komputer portabel yang bisa kita gunkan secara mobile dan tidak tergantung pada tempat serta mudah di bawa kemana saja.
Fungsi dan kegunaan Laptop hampir sama dengan  komputer meja, yang membedakan hanya komputer tidak bisa kita bawa kemana-mana serta komputer tidak di lengkapi dengan baterai seperti mana yang terdapat pada laptop.
Baterai pada laptop merupakan komponen utama yang berguna sebagai sumber catu daya. Daya pada baterai pada laptop memiliki keterbatasan, biasanya dengan daya baterai 100%, laptop menyala 4 sampai 6 jam secara normal. Namun, jika melakukan aktivitas kerja yang tinggi pada laptop sehingga memakan jumlah RAM yang besar dan kecepatan CPU yang tinggi, maka baterai hanya bisa bertahan 2 sampai 3 jam saja.
Pada umumnya masa pakai baterai laptop Rata-rata berkisar antara 2 sampai 4 tahun, tergantung pada cara merawat si punya laptop. Kalau pada pembahasan sebelumnya kita membahas tentang 7 Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Tahan Lama, kali ini kita akan membahas Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop ? Berikut Penjelasan 7 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama :
  1. Sebelum menggunakan laptop baru, lakukan pengisian daya baterai sekitar 4 sampai 8 jam hingga lampu indikator baterai menunjukan warna hijau. Biasanya laptop baru baterai dalam kondisi tidak ada daya atau kosong.
  2. Jangan Biarkan Baterai Laptop 0%, Hal ini dapat merusak komponen-komponen hardware pada laptop dan tentunya juga membuat baterai cepat rusak. Setting pengaturan pada baterai laptop untuk menunjukkan indikator jika daya baterai laptop tersisa 10% supaya kita bisa segera melakukan pengisian.
  3. Cabut Charger Ketika Daya Sudah 100%, karena selain menimbulkan panas tentu berdampak pada umur baterai. 
  4. Saat pengisian usahakan untuk tidak menghidupkan laptop. Hal ini tentu membuat laptop berkerja lebih ektra dan akan menimbulkan panas yang berlebih. Sebaiknya tunggulah sampai benar benar baterai laptop dalam keadaan penuh baru kita gunakan.
  5. Ketika charge baterai, perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat adaptor rusak dan performa dari baterai drop.
  6. Jika ada colok listrik sebaiknya lepas baterai dan gunakan colokan listrik yang ada sebagai sumber catu daya laptop. Hal ini untuk menghindari suhu panas pada laptop dan membuat baterai lebih tahan lama. 
  7. Atur kecerahan layar monitor untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Karena seperti yang kita ketahui, smeakin terang layar laptop anda maka semakin banyak konsumsi daya tahan baterai yang di perlukan laptop anda dan daya baterai akan semakin cepat habis.
Demikian pembahasan tentang Cara Merawat Baterai Laptop agar tahan lama dengan benar. Pada intinya, faktor yang membuat baterai kita cepat habis ialah kebiasaan buruk kita dalam penggunaannya. Semoga bermanfaat...

---Silakan Di Share---

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama"

Post a Comment