8 Hal Yang Di Sukai Nyamuk Pada Diri Kita

Hal Yang Di Sukai Nyamuk - Ada banyak hal yang membuat kita terganggu dengan nyamuk. Selain gigitan yang bikin gatal, suara nyamuk juga sangat mengganggu kita disaat kita mau tidur. Walau pun nyamuk sering menggangu kita, tidak ada salahnya kita mengetahui Fakta-fakta tentang nyamuk. Ada banyak fakta menarik tentang nyamuk, mulai dari hal yang disukai nyamuk sampai hal yang tak di sukai nyamuk. Kalau pada artikel sebelumnya kita membahas 7 Tanaman Yang Bisa Mengusir Nyamuk, kali ini kita akan membahas 8 Hal Yang Di Sukai Nyamuk Pada Diri Kita, Berikut Penjelasanya : 

1. Nyamuk Lebih Menyukai Jenis Golongan Darah O

Nyamuk menggigit kita untuk mendapatkan protein dari darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada tipe darah tertentu yang lebih menggugah selera nyamuk. Studi menemukan bahwa dalam pengaturan terkontrol, nyamuk yang mendarat di tubuh orang-orang bergolongan darah O jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan golongan darah A. Selain itu, karena gen tertentu, sekitar 85 persen orang di dunia mengeluarkan sinyal kimiawi yang menunjukkan golongan darah mereka melalui kulit, sementara sisanya tidak. Nyamuk lebih tertarik pada orang yang mengeluarkan sinyal kimiawi dibanding dengan yang tidak.

2. Nyamuk Menyukai Karbon Dioksida

Salah satu kunci nyamuk untuk menentukan target mereka ialah berdasarkan karbon dioksida yang terdapat saat nafas dihembuskan. Mereka menggunakan organ yang disebut maxillary palp untuk melakukannya, dan dapat mendeteksi karbon dioksida dari jarak 164 kaki. Alhasil, orang yang menghembuskan karbon dioksida lebih banyak sepanjang waktu, tentu lebih menarik nyamuk dibanding yang lain. Inilah sebabnya mengapa anak-anak lebih jarang digigit nyamuk dibanding orang dewasa.

3. Nyamuk Menyukai Orang Yang Suka Minum Bir

Sebelumnya jangan berfikir kalau nyamuk suka minum bir. Maksudnya di sini nyamuk menyukai orang yang minum bir. Ada perubahan senyawa kimia tertentu di dalam tubuh orang yang minum bir sehingga dapat menarik nyamuk. Jadi bagi yang suka minuman bir, atau minuman beralkhol lebih baik mulai sekarang berhenti. Selain merusak tubuh, juga menjadi target untuk di gigit nyamuk.

4. Nyamuk Menyukai Bakteri yang Terdapat Pada Kulit

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa tipe dan jumlah tertentu dari bakteri yang hidup secara alami di kulit manusia berpengaruh terhadap daya tarik kita di mata nyamuk. Pada studi tahun 2011, ilmuwan menemukan bahwa memiliki sejumlah besar beberapa tipe bakteri dapat membuat kulit menjadi lebih menarik bagi nyamuk. Anehnya, jika memiliki banyak bakteria dari tipe yang lebih bervariasi membuat kulit justru kurang menarik bagi nyamuk.

5. Nyamuk Menyukai Wanita Kehamilan

Bagi Wanita hamil, setidak nya harus tau bahwa menjadi incaran nyamuk. Hal ini di ketahui dalam beberapa studi berbeda, terungkap bahwa wanita hamil dua kali lebih menarik bagi kebanyakan nyamuk. Ada dua faktor penyebabnya, wanita hamil menghembuskan Karbondioksida (CO2) sekitar 21 persen lebih banyak dari pada sebelum hamil dan sekitar 1,26 derajat Fahrenheit lebih hangat dibanding sebelum hamil juga.

6. Warna Baju jadi Target si Nyamuk

Hal Ini mungkin agak sedikit aneh bagi kita, tetapi hal yang perlu kita tahu juga, warna apa yang disukai nyamuk. selain mengandalkan indera penciuman, nyamuk juga mengandalkan pengelihatan untuk mencari tahu posisi manusia. Menurut penelitian James Day, ahli entomologi kedokteran di Universitas Florida mengatkan bahwa Memakai baju warna hitam, biru gelap atau merah membuat Anda lebih mudah ditemukan oleh nyamuk.

7. Nyamuk Menyukai Tubuh Yang Berkeringat

Tubuh yang berkeringat muncul ketika kita melakukan pekerjaan berat maupun sehabis kita berolahraga. Semakin banyak keringat yang keluar, maka semakin banyak karbondioksida yang timbul. Hal ini membuat nyamuk semakin tertarik kepada kita, bukan karena bau darah yang menggiurkan bagi nyamuk, melainkan karbondioksida yang di keluarkan oleh tubuh kita. Semakin banyak karbondioksida yang kita keluarkan,  kemungkinan semakin menarik kita di mata nyamuk. sebenarnya nyamuk itu mempunyai gangguan penglihatan. Untuk menemukan mangsanya dengan mencium karbon dioksida (C02) dengan sensor infra merahnya. Nyamuk betina bisa segera mengetahui mangsanya dari jarak 35 meter. Ketika nyamuk betina merasai adanya karbon dioksida, ia akan langsung meluncur terbang secara zig-zag, sehingga bulu-bulu halusnya dapat menemukan sumber karbon dioksida itu. Setelah sumber karbondioksida didapat, isyarat lainnya pun turut mendominasi bahwa yang ditemukan itu benar-benar si mangsa, seperti bau keringat, asam laktat, dan juga panas tubuh. 

8. Nyamuk Menyukai Kaki Yang Bau

Menurut temuan Para Ilmuwan, nyamuk lebih tertarik pada kaki dengan jumlah bakteri staphylococcus paling tinggi. Artinya, orang yang memiliki bau kaki dianggap menarik oleh nyamuk Anopheles yang menyebabkan penyakit malaria. Cara untuk menghilangkan bau tersebut, biasanya dengan merendam kaki ke air hangat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 8 Hal Yang Di Sukai Nyamuk Pada Diri Kita"

Post a Comment