10 Tips Sehat Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah  dalam bulan ini umat muslim di wajibkan melakukan aktivitas seperti puasa, sholat tarawih, serta memperbanyak membaca Alquran, membayar zakat fitrah dan diakhiri dengan merayakan Idul Fitri atau merayakan hari kemenangan.
Bulan Ramadhan ini merupakan bulan yang dimuliakan Allah karena banyak keutamaan di dalamnya dari pada bulan-bulan lainnya yang harus kita sambut dengan semangat ibadah.
Bulan Ramadhan juga disebut sebagai Syahrut Tarbiyah atau Bulan Pendidikan. untuk menjaga kesehatan tubuh kita dengan makan secara teratur. Atau kita diajarkan agar dapat mengatur waktu Kapan waktu makan, kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat dan kapan waktu ibadah. Jadi, pendidikan itu berhubungan langsung dengan penataan kembali kehidupan kita di segala bidang. Namun ujian yang paling berat adalah berjihad melawan hawa nafsu kita sendiri. Karena itu bulan Ramadhan sering disebut sebagai Syahrul Jihad dengan fokus pada pengendalian hawa nafsu diri kita sendiri.

Untuk menjaga aktivitas kita dibulan Ramadhan, agar bulan yang penuh kemulia ini tidak terlewatkan begitu saja, hal yang perlu di perhatikan yaitu kesehatan. Baik kesehatan rohani maupun kesehat jasmani. Ada beberapa hal dalam menjaga kesehatan jasmani yang perlu kita perhatikan, sehingga kita dapat meningkatkan amalan utama di bulan Ramadhan tanpa terlewatkan dan sia-sia begitu saja. Berikut 10 Tips Sehat di Bulan Ramadhan :

1. Mengatur Waktu Sahur

Mengatur Waktu Sahur maksudnya, hendaknya kita Atur waktu untuk menyantap sahur kalau bisa tidak jauh dari waktu saat terbit fajar. Hal ini berguna untuk menunjang puasa anda di siang hari, selain itu makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul. Yang diriwayatkan dari Anas dari Zaid bin Tsabit, bahwasanya dia pernah berkata:

تسَحَّرْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ قُمْنَا إِلَى الصَّلَاةِ قَالَ قُلْتُ كَمْ كَانَ قَدْرُ ذَلِكَ قَالَ قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةً      


“Kami pernah makan sahur bersama Nabi. Setelah itu beliau langsung berangkat shalat”. Aku tanyakan: “Berapa lama jarak antara adzan dan sahur?” Dia menjawab,’Kira-kira sama seperti bacaan lima puluh ayat.”

Hikmah mengikuti Sunnah Nabi dengan mengakhirkan sahur memang banyak manfaatnya bagi tubuh. Tubuh akan mempunyai tenggang waktu yang cukup guna membakar makanan untuk dirubah menjadi kalori, sehingga badan tidak akan lemas pada siang hari

2. Akhiri Sahur Dengan Minum Susu atau Vitamin

Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh anda. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter anda.

3. Tidak Tidur Setelah Makan Sahur

Hal ini, selain tidak mengikuti sunnah juga bisa melawatkan shalat subuh tepat waktu dan dan juga ini akan rnembuat tubuh menjadi semakin lemas pada siang hari.

4.Tidak Bermalas-malasan Di Bulan Ramadhan

Bermalas-malasan tidak dianjurkan dalam Islam, apalagi di saat bulan Ramadhan. Tetaplah aktif melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari berkerja seperti pada bulan lainnya dan perbanyak melakukan  amalan-amalan yang dapat mendatangkan pahala serta hendaknya melakukan olah raga ringan untuk tetap menjaga kesegaran jasmani.

5. Tidur Secukupnya Di Bulan Ramadhan

Usahakan untuk cukup tidur agar sel-sel otot dan organ tubuh dapat pulih kembali, baik siang maupun malam. Masing-masing orang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhan jam tidurnya, yang penting tidak berlebihan. Tidur berlebihan malah menyebabkan tubuh loyo, kulit wajah kering dan tidak segar;

6. Segeralah Menyegerakan Berbuka

Menyegerakan berbuka merupakan Sunnah Rasulullah, dan akan mendatangkan kebaikan. Dari Sahl bin Sa’ad bahwa Rasulullah telah bersabda:

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Umat manusia ini akan tetap baik selama mereka menyegerakan buka puasa

7. Awali Berbuka Dengan Yang Manis

Saat berbuka, awali dengan makanan atau minuman manis, seperti kurma atau teh manis, atau minuman manis lainnya. Demikian juga Rasulullah telah memerintahkan untuk berbuka puasa dengan kurma. Jika tak memiliki kurma, maka hendaklah dengan air.

Dari Anas bin Malik, dia bercerita: “Nabi, biasa berbuka dengan beberapa buah ruthab (kurma segar) sebelum mengerjakan shalat. Jika beliau, tidak mendapatkan ruthab, maka beliau berbuka dengan beberapa buah tamr (kurma masak yang sudah lama dipetik). Dan jika tidak mendapatkan tamr, maka beliau meminum air”.

Memberi sesuatu yang manis pada tubuh saat perut dalam keadaan kosong lebih diterima dan bermanfaat bagi anggota tubuh, apalagi badan yang sehat, akan menjadi kuat kembali.

8. Hindari Minum Air Dingin atau Air Es

Sudah disebut di atas, apabila tak ada kurma, minumlah air putih. Pada saat puasa, tubuh mengalami kekeringan atau dehidrasi, sehingga apabila dibasahi dengan air, maka akan sangat bermanfaat memberi kesegaran bagi tubuh.

Sebaiknya hindari untuk langsung minum air dingin atau air es, karena akan menyebabkan perut kembung. Juga minuman-minuman yang mengandung pemanis buatan (sintetis), karena pemanis ini tidak mengandung kalori, sehingga akan menambah kelesuan meskipun perut kenyang. Jangan pula mengkonsumsi minuman bersoda, karena dapat berakibat buruk terhadap perut.

Khusus untuk mereka yang beraktivitas lebih, misalnya olahraga berat, pekerja berat sehingga keringat keluar berlebihan, dianjurkan minum air dingin biasa, karena akan diserap tubuh lebih cepat dibandingkan air hangat.

9. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Perbanyaklah makan sayur dan buah saat berbuka atau sahur. Selain mengurangi kekeringan tubuh (karena kandungan air dalam makanan berserat cukup tinggi), tubuh juga dapat menahan rasa lapar lebih lama dengan makanan berserat. Hal ini diakibatkan tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat. ; Demikian juga daging hewan berkaki empat dan unggas bisa bertahan lama di perut

10. Banyak Minum Air Putih

Pada malam hari dan saat sahur, perbanyaklah minum air putih, serta selingan dengan bahan berkalori tinggi, misalnya madu, kurma, gula, susu dan lain-lain untuk mencegah dehidrasi atau kekeringan tubuh dari aktifitas di siang hari yang banyak mengeluarkan keringat baik di ruangan terbuka juga di ruangan AC.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips Sehat Di Bulan Ramadhan "

Post a Comment