5 Fakta Tentang Android Yang Wajib Kita Tahu

Pada saat sekarang ini rasanya tidak ada yang tidak tahu Tentang Android. Pada dasarnya Android adalah sebuah sistem operasi pada suatu gadget seperti Komputer Tablet, Smart Phone, maupun Telphone Celuler yang saat ini dikembangkan Google, yang telah begitu banyak melahirkan gadget murah meriah dengan kualitas premium.
Namun, tahukah kita bawah sebelum Android sesukses sekarang ini, Android telah melewati begitu banyak proses yang boleh dibilang tidak mulus dan kadang mengejutkan. Berikut ini adalah 5 Fakta Tentang Android Yang Wajib Kita Tahu :

1. Android Awalnya Bukan Dibuat Untuk Ponsel Ataupun Tablet

Hal ini baru terungkap pada tahun 2013 lalu. salah satu co-founder Android yang telah meninggalkan Google, Andy Rubin, menceritakan rekan pers pada sebuah event di Tokyo, Jepang, bahwa Android yang sudah berkembang pesat saat ini sejak awal tidak direncanakan untuk smartphone. Melainkan untuk sistem operasi camera atau kamera pintar. Konsep utamanya adalah untuk menghubungkan perangkat kamera pintar ini dengan PC dan kemudian meng-upload foto hasil rekamannya ke sistem penyimpanan udara dengan layanan yang disebut "Android Datacenter". Namun pasar kamera pintar digital pada saat itu mengalami penurunan dalam minat dan permintaannya sehingga Rubin memutuskan untuk mengalihkan perkembangan Android ini untuk smartphone.

Sejak awal Android dikemas untuk digunakan dengan gratis. Rubin juga menjelaskan bahwa para pengembang sistem operasi ini menginginkan agar Android digunakan berbagai ponsel sebanyak mungkin, "jadi dari pada membebankan biaya $99, $59, atau $69 kami ingin memberikannya secara gratis, karena kami tahu industri saat itu cukup sensitif pada harga."

Hal tersebut mungkin kedengarannya tidak terlalu penting, namun jika kamu adalah produsen ponsel yang ingin menggunakan sistem operasi mobile seperti Windows CE, kamu harus membayar izin lisensi yang sangat mahal atau kamu bisa membangun sistem operasi alternatif kamu sendiri, yang tentunya tidak akan murah. Tapi untungnya ada Android yang menjadi alternatif terbaik dan dapat menghemat pembiayaan para produsen ponsel. Kalau sejak awal Android tidak gratis, mungkin Android tidak akan pernah digunakan oleh para produsen ponsel sama sekali.

2. Android Bukanlah Buatan Google

Saat ini, rasanya semua orang hanya mengetahui bahwa Android dikembangkan atau bahkan dibuat oleh Google. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Faktanya, Android adalah sebuah produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan yang bernama Android.inc, tepatnya pada tahun 2003. yang saat itu dipimpin Andy Rubin.

3. Android Ada di Luar Angkasa

Selama ini kita tahu Android digunakan di smartphone, smartwatch, bahkan smarthome. Semuanya ada di bumi. Tapi tahukah kamu bahwa Android juga ada di luar angkasa? NASA pernah mengirimkan satelit ke luar angkasa yang dibekali dengan Nexus One dan Nexus S pada tahun 2013. Satelit yang ditemani dengan perangkat Android ini telah berhasil mengirimkan citra bumi dari luar angkasa.

4. Android Berutang Budi Pada Steve Jobs

Percaya atau tidak, mendiang Steve Jobs telah berjasa besar untuk Android. Di antara tahun 2005 dan 2007, Android telah lama memantau Microsoft sebagai pesaing terberatnya, yang pada saat itu pula adalah perusahaan teknologi terbesar dan terkaya sedunia. Kalau kamu lahir di era '90-an mungkin kamu tahu bahwa setiap ponsel memiliki definisinya masing-masing, contohnya saja Nokia yang dahulu digunakan khalayak ramai memiliki sistem operasi yang berbeda dari Motorola, Samsung , Sony , dll. Dan pada saat itu Android berpikir bahwa apabila ada satu sistem operasi standar yang umum, maka kesempatan besar jatuh pada Microsoft.

Namun kemudian rasa cemas tersebut membalik saat Steve Jobs memperkenalkan iPhone pada tahun 2007, sebuah perangkat smartphone pertama di dunia yang menggunakan teknologi multi-touch . Kalau saja Steve Jobs tidak meluncurkan teknologi ini, mungkin smartphone Samsung atau Sony kamu akan berbentuk seperti Blackberry alias masih menggunakan teknologi keyboard fisik.

5. Android Sebuah Platform Smartphone Yang Open Source


Seperti kita ketahui, Android adalah sebuah platform smartphone yang open source. Apakah kamu tahu kenapa Android disebut platform open source? Karena Google adalah anggota dari Open Handset Alliance (OHA) yang telah memberikan kebebasan penggunanya untuk untuk memodifikasi kode sumber dari OS-nya. Maka tidak heran smartphone Android memiliki banyak pilihan interface dari masing-masing vendor.
Karena open source juga lah kamu jadi leluasa nge-root smartphone Android. Bahkan kamu juga jadi bisa bereksperimen dengan custom ROM.

Inilah 5 Fakta Tentang Android Yang Wajib Kita Tahu, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan kita tentang android.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Fakta Tentang Android Yang Wajib Kita Tahu"

Post a Comment