8 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Merah selain kerap kali menjadi bumbu masakan juga bisa untuk kesehatan, Fenomenalnya bawang merah didunia medis karena bawang merah mampu memerangi penyakit kanker dan berbagai macam penyakit berbahaya lainnya.Bawang Merah juga dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Pada Umumnya, Bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang berarti rendah kalori dan tinggi nutrisi dan bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan. 


Adapun Kandungan Gizi yang terdapat pada secangkir Bawang merah Cincang sekitar :
- 64 kalori
- 15 gram karbohidrat
- 0 gram lemak
- 0 gram kolesterol
- 3 gram serat
- 7 gram gula
- 2 gram protein dan 10%
- Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan
- Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.   

Setelah kita mengetahui Kandungan Gizi pada bawang merah Berikut 11 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan :

1. Bawang Merah Bisa Mengatasi Perut Kembung Pada Anak-anak 

Manfaat pertama bawang merah, bisa mengatasi masalah pada anak yang mengalami kembung. Cara mengatasinya, yaitu ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil.

2. Bawang Merah Bisa Meredakan Batuk

Atasi batuk pada anak dengan bawang merah, caranya parut bawang merah tambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.

3. Bawang Merah Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Pada sebutir bawang merah tersimpan banyak kromium, yaitu senyawa kimia yang dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung akibat komplikasi dari masalah diabetes. Hal ini tentu baik bagi jantung jika terus diasup ke dalam tubuh.

4. Bawang Merah Mampu Menurunkan Berat Badan

Bagi yang mau menurukan berat badan, tak ada salahnya menggunakan bawang merah. Tubuh yang mengalami difisiensi kromium akan kesulitan untuk menurunkan berat badan, karena itu zat kromium pada bawang merah sangat tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

5. Bawang Merah Mampu Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah

Satu lagi manfaat bawang merah yang sangat luar biasa adalah mampu mnengontrol kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan diabetes. Untuk menetralisir kadar gula darah dalam tubuh, Anda hanya perlu minum ramuan bawang merah agar gula darah terkontrol. Disamping itu kandungan kromium dan mineral di dalamnya dapat mengurangi resistensi insulin.

6. Bawang Merah Bisa Mencegah Kanker Prostat

Secara khusus bawang merah bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat, hal ini didasarkan pada studi yang diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

7. Bawang Merah Bisa Mencegah Kanker Perut

Kandungan allium pada bawang merah bermanfaat untuk menghambat tumor. Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut. Beberapa penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums, serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

8. Bawang Merah Bisa Pencegahan Kanker

Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya. Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.
Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.

Terima Kasih telah membaca Artikel ini, jika bermanfaat silakan share melalui tombol share dibawah serta jangan lupa meninggalkan jejak di kolom komentar, baik itu berupa Kritik maupun Saran guna untuk kemajuan blog ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan"

Post a Comment