5 Hal Ini Dapat Membatalkan Puasa Kita

Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa bukan hanya sekadar makan dan minum yang mana dimulai dari terbit fajar shidiq (subuh) sampai terbenam matahari (maghrib). Pada sisi lain, bergunjing dan marah, tidak tergolong kegiatan yang membatalkan puasa, hanya saja menghilangkan esensi  dan mengurangi pahala puasa. Menjalan Puasa ramadhan wajib hukumnya dan merupakan rukun islam yang ke 4. Karena yang namanya rukun islam itu wajib dikerjakan dan apabila tidak dikerjakan maka akan berdosa.

Puasa dalam bahasa arab adalah shaum yang berarti menahan diri dari makan dan minum serta dari semua perkataan yang dapat membatalkan puasa. perkara yang dapat membuat nilai atau pahala puasa tidak sempurna atau bahkan puasa tersebut tidak memperoleh pahala walaupun puasa yang dijalankan secara hukum tetap sah namun tidak mendapatkan pahala sedikit pun dari ibadah yang dijalankan selain rasa lapar dan haus.

Agar terhindar dari segala hal atau perkara yang dapat membatalkan ataupun mengurangi kesempurnaan nilai ibadah yang dijalankan.
Sehingga bisa mendapat pahala yang berlimpah terlebih di bulan ramadhan, bulan yang penuh rahmah dan ampunan.

Untuk itu ketahuilah hal-hal atau perkara yang bisa membatalkan puasa sekaligus tidak mendapatkan pahala atau sama halnya dengan tidak berpuasa. Berikut ini Hal-hal Yang Dapat Membatalkan Puasa maupun pahala puasa:

1. Jima’

Melakukan jima’ pada siang hari dengan sengaja. Baik dengan istri atau suami termasuk dengan siapapun baik keluar mani atau tidak maka puasanya batal.

2. Haid dan Nifas

Bagi para wanita yang sedang haid atau nifas (melahirkan) memang tidak diperbolehkan untuk berpuasa sampai bersih dari haidnya.

3. Merokok

Saat melaksanakan puasa lalu merokok maka puasanya akan batal. Karena asab rokok termasuk benda (ain) yang bisa masuk kedalam lambung keculi mencium wangi-wangian.

4. Muntah Yang Disengaja

Bukan hanya makan dan minum saja yang bisa membantalkan puasa.Muntah juga bisa membatalkan puasa.Apalagi kalau muntahnya ini disengaja. Tapi kalau kamu muntah karena tidak sengaja misalnya saja karena sakit, maka tetap bisa melanjutkan puasa.

5. Onani atau Masturbasi

Masturbasi baik dengan tangan atau alat oleh orang lain (pasangan) juga bisa membatalkan puasa.Tidak hanya membatalkan, namun masturbasi ini juga termasuk dosa besar. 

Demikian pembahas mengenai hal yang membatalkan puasa, semoga menambah Ilmu dan dan Bermanfaat Bagi Para Pembaca.
Mungkin dalam penjelasan diatas ada banyak kekurangan atau mungkin ada berbeda pendapat dengan berbagai alasan dan dalil yang menguatkan, untuk hal itu anda bisa menambahkan melalui kotak komentar.

---Silakan Di Share---

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal Ini Dapat Membatalkan Puasa Kita"

Post a Comment