7 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

Manfaat Kopi - Kopi adalah minuman yang terbuat dari seduhan biji kopi yang telah di sangrai dan dihaluskan. Kopi pertama kali ditemukan oleh bangsa ethiopia sekitar 1000 tahun sebelum masehi. Sampai abad ke 9 kopi ini hanya berada di ethiopia sampai bangsa Arab memperluas perdagangannya. Dan sampai lah kopi ke beberapa negara afrika dan asia termasuk indonesia.

Kopi ini memiliki banyak jenis. Di Indonesia sendiri cukup banyak jenis kopi yang di kenal. Salah satu yang terkenal adalah  kopi luwak, kopi ini menjadi kopi terbaik sekaligus menjadi yang termahal di Dunia. Berikut beberapa jenis kopi yang cukup terkenal di Indonesia :

Jenis Kopi Arabica

Kopi jenis ini memiliki ciri-ciri dengan ukuran biji yang lebih kecil dari kopi robusta, kandungan kafein lebih rendah, aroma dan rasa yang lebih nikmat dan harga yang lebih mahal dari kopi robusta. Kopi arabika termasuk kopi tradisional dan kopi ini dianggap kopi paling nikmat oleh para penikmat kopi. Kopi Jawa, kopi Sumatera dan kopi Sulawesi Toraja Kalosi merupakan varietas dari jenis kopi arabica.

Jenis Kopi Robusta

Kopi jenis ini memiliki ciri dengan biji yang lebih besar di banding kopi arabika selain itu kopi jenis ini memilki kadar kafein yang cukup tinggi dan aroma dari kopi jenis ini kurang begitu harum. Salah satu varietas dari kopi jenis ini adalah kopi luwak.

Selain rasanya yang nikmat, kopi juga merupakan minuman yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan kadar yang tepat. Konsumsi kopi yang di sarankan agar mendapat manfaat maksimal adalah dengan menikmati kopi murni tanpa campuran apapun. Namun kopi dengan campuran pun akan memberikan manfaat juga namun kurang maksimal. Berikut 7 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan :

1. Kopi Bisa Meningkatkan Stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.  Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

2. Kopi Bisa Mencegah Kanker

Penelitian di jepang menunjukan bahwa wanita yang konsumsi kopi 2x sehari memeliki 25% resiko lebih rendah terkena kanker usus besar. Antioksidan pada kopi mampu menekan tumbuhnya sel kanker.

3. Kopi Mampu Mengurangi Resiko Diabetes

Menurut sebuah penelitian kopi mampu mengurangi resiko diabetes sebanyak 50%. karena kopi mampu menghambat penyerapan gula.

4. Kopi Bisa Meningkatkan Mood

Banyak orang-orang yang merasa lebih bergairah setelah minum kopi. Kopi memang termasuk minuman peningkat mood bukan itu saja kopi efek kopi bahkan mampu membuat seseorang bahagia.

5. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

6. Kopi Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Kandungan yang terdapat pada kopi mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke. Ini dikuatkan dengan penelitian dimana 83000 wanita yang berusia 24 tahun memiliki resiko lebih rendah sebesar 18% terkena penyakit jantung dan stroke dibanding mereka yang tidak minum kopi. Dalam penelitian ini, mereka meminum 2-3 cangkir kopi sehari.

7. Kopi Baik Untuk Kesehatan Kulit

Kopi ini pun baik bagi kesehatan kulit. Caranya cukup dengan membuat scrub dengan bahan campuran kopi dan balurkan ke tubuh.

Kopi terbaik adalah kopi yang di seduh tanpa campuran apapun. Campuran yang ada pada kopi lah yang berbahaya bagi tubuh seperti campuran gula, krim dan susu yang berlemak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan "

Post a Comment